1. WAP
Wireless Application protocol atau sering dikenal dengan singkatan WAP adalah sebuah protocol pengembangan dari protocol wireless data yang telah ada. Phone.com menciptakan sebuah versi standart HTML (HyperText Markup Language) Internet protocol yang didisain khusus untuk transfer informasi antar mobile network yang efisien. Terminal wireless dengan HDML (Handheld Device Markup Language) microbrowser, dan Handheld Device Transport Protocol (HDTP) dari Phone.com terhubung dengan UP.Link Server Suite yang seterusnya terhubung ke Internet atau intranet dimana informasi yang dibutuhkan berada. Teknologi inilah yang kemudian dikenal sebagai WAP.

Dengan WAP seseorang yang mempunyai mobile device dapat melakukan transaksi, seperti belanja, memesan lewat internet, dll. WAP adalah standar industri yang dikembangkan oleh sekelompok pabrik telekomunikasi (seperti Nokia, Ericson, Motorola), operator telekomunikasi (seperti Deutche Telekom, France Telecom, AT&T,…), perusahaan-perusahaan software dan penyedia layanan (seperti Microsoft, IBM, RSA, Unwired Planet, Symbian) WAP merupakan suatu standar protokol yang dibuat untuk mengatasi  keterbatasan dari wireless devices seperti telepon seluler atau PDA.

Keterbatasan perangkat WAP antara lain:
1. kemampuan Central Processing Unit (CPU) yang lebih rendah dibandingkan CPU yang digunakan pada perangkat wired (seperti komputer)
2. keterbatasan ukuran memory
3.penghematan penggunaan catu daya (power) yang biasanya menggunakan batre
4. ukuran display yang lebih kecil dan terbatas
5. input device yang berbeda dengan device biasa

2. Arsitektur WAP

Bagaimana pengguna mobile phone bisa mengakses layanan berbasis internet ?Ketika mobile devices ingin dikoneksikan ke internet, semua komunikasi melalui WAP gateway. WAP gateway ini akan menerjemahkan semua protokol yang digunakan pada WAP untuk  protokol yang digunakan di internet.

Gambar : Arsitektur WAP

About these ads